Tutup dan Buka Tahun dengan novel best-seller Jepang -MOSHI DORA

Assalamu’alaykum wr wb.

Hi semuanya.

Baru saja tahun baru 2013 masuk dalam kehidupan kita ya. Tau-tau sudah tanggal 3 lagi ya! Selalu seperti itu. Tak terasa, padahal bunyi dentuman kembang api masih terngiang-ngiang di telinga. Pasti dong…Kesan yang tak pernah terlupakan. Bagaimana mau lupa? Baru juga kembang api tahun 2012 meletup-letup, sekarang kembang api 2013 sudah membahana. Apalagi kemarin ini, aku bisa menikmati kembang api tahun baru live lewat jendela dan pintu balkon. Mana gratis pula! Mantaaaap.

Btw, apa yang paling berkesan bagimu selama tahun 2012? Atau mungkin sudah ada kesan di awal-awal tahun 2013?

Bagiku ada banget!

(dicopi dari http://www.jcafe24.net/index.php?topic=21026.0)

Gimana nggak, 2 bulan terakhir ini aku harus bertahan di depan komputer. Gara-garanya sok-sokan nerima order terjemahan sebuah novel best seller. Judulnya Moshi Koukou Yakyuu no Joushi Maneja- ga Dorakka-no ‘Manajimento’ wo Yondara. Atau disingkat “MOSHI DORA”.

Yang tidak tahu Moshi Dora, silahkan cek di Youtube dengan keyword itu. Akan keluar beberapa sampel film Moshi Dora. Film? Ya! Moshi Dora juga sudah difilmkan, sudah dinovelkan, sudah disinetronkan. Bahkan, kata seorang kenalan berkebangsaan Jepang, Moshi Dora pun sudah dikomikkan.

Sangking best-sellernya tuuuhhh…

Dan aku merasa terhormat untuk menerjemahkan novel ini.

Tapi ya…ternyata susaaah banget. Terseok-seok. Novel ini ceritanya tentang seorang anak perempuan yang masih pakai seragam putih abu-abu alias anak SMA, yang terjun jadi manajer dari tim baseball di sekolahnya sendiri. Eits, warna seragam anak SMA di Jepang nggak putih abu-abu sih, ini cuma untuk membuat pembaca blog ini jadi mengerti maksud ceritaku.

Isi novel ini tersusun dari Prolog, Bab1-8, terakhir ditutup  dengan Epilog dan Catatan Akhir Penulis.

Dari Prolog sampai Bab-4, citeeeeekkkk, gitu menurutku. Santai, bisa picing mata nerjemahinnya. Makanya leha-leha banget. Tapi, pas masuk Bab-5, mulai deh kayak orang mesti ngegowes ke jalan menanjak. Terus nanjak, nanjak, nanjak, ampe mikir ini mau sampai kapan???!!! (tuh tanda tanya dan serunya sampai 3 kali).

Bukan hanya sampai di situ, sangking pusingnya ampe sempat jadi orang ‘aneh’ di rumah sendiri. Uring-uringan, kesal nggak menentu, nggak mood masak (alah! ini mah alasan buat ngeles dari tugas jadi seorang istri dan ibu rumah tangga…hihihi). Tapi untungnya tetap berusaha dekat sama anak-anak dan suami.

Nah tugas sebagai ibu itu berat juga disamping jadi seorang penerjemah. Untung freelance, kalau permanent, yang ada tiap hari stres kali ya. *wink

Kenapa sih sampai segitunya aku ini?

Mulai Bab-5, sudah mulai memakai istilah-istilah baseball. Loh kok baseball? Ya iyalah, ini novel bercerita tentang si manajer SMA yang mengurusi tim baseball sekolahnya. Iiih, kan udah disebut-sebut di bagian awal tulisan ya.

Aku masih bersyukur dan beruntung banget karena sekarang aku punya murid Japanese yang rajin datang tiap hari Sabtu buat les bahasa Indonesia kepadaku. Dan doi ngerti banget sama Baseball. Lucky me.

Tapi nggak cuma begitu lalu aku terbebas dari lubang kesulitan ini. Yang jadi kendala, di dunia olahraga Indonesia, ternyata baseball tidak familiar. Yang familiar adalah softball. Ealah, mau nggak mau aku perdalam apa sih istilah-istilah yang dipahami di Indonesia or dunia internasional yang berkaitan dengan basebal.

Akhirnya, selain kamus Kanji, google terjemahan, website terjemahan sepeti ALC, Weblio, dan Yahoo Japan jadi teman-teman setiaku selama 2 bulan. Lalu untuk memperdalam tentang baseball, aku rajin nonton Youtube. Tentu saja nontong pertandingan baseball yang ada istilah-istilah Jepangnya. Ternyata membantu banget loh.

Caranya gimana?

tinggal masuk ke website-nya Youtube. Ketik word yang sedang dicari, misalnya ‘okuri banto/送りバント), maka akan keluar beberapa tayangan baseball yang berkaitan dengan okuri banto tadi.

Wuiiih, akhirnya kelar juga nih terjemahan pas tanggal 1 Januari 2013.

Kuserahkan sudah hasil terjemahan kepada penerbit, tinggal mereka edit.

Nggak sabar hasilnya bagaimana.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s